• Cabai
10 Manfaat Cabai Untuk Kesehatan

10 Manfaat Cabai Untuk Kesehatan

Tentang Cabai

Cabai atau Makanan pedas di Indonesia sangatlah populer. Bahkan karena kepopulerannya ini masyarakat Tanah Air merasa kurang lengkap, jika saat makan tak ditemani sambal yang pedasnya bikin keringat bercucuran. Tetapi tidak sedikit orang mempercayai jika makanan pedas itu tidak baik untuk kesehatan tubuh. Nah kalau menurut kalian gimana tuh guyss? Tenang mari kita simak penjelasannya dibawah ini.

Cabai merupakan tanaman yang termasuk dalam genus Capsicum. Yang mengandung senyawa capsaisin sehingga pada saat dikonsumsi menyebabkan rasanya menjadi panas dan pedas. Cabai mempunyai banyak manfaat yang harus kalian ketahui. Menurut lembaga penelitian Pusat Studi Biofarmaka LPPM IPB dan Gagas Ulung, kadar senyawa yang terkandung dalam cabai tersebut dapat menyembuhkan berbagai penyakit. Kandungan Antirematik yang terdapat dalam cabai ini dapat mengobati keluhan rematik.

Jadi bisa disimpulkan bila makanan pedas yang dikonsumsi secara tepat bisa memberikan dampak positif bagi kesehatan tubuh. Sebagian orang juga mempercayai jika rasa pedas di lidah efektif menambah nafsu makan dan mengatasi sejumlah keluhan penyakit.

Manfaat Cabai Untuk Kesehatan Tubuh

Selama berabad-abad cabai ini telah digunakan sebagai obat untuk peradangan dan melancarkan sirkulasi darah. Faktanya, dengan darah yang mengalir lebih cepat, tubuh akan lebih cepat menggantikan sel-sel yang rusak juga mengeluarkan toksin ataua racaun dari tubuh. Berikut beberapa manfaat cabai untuk kesehatan tubuh.

1.Menurunkan berat badan

Cabai mengandung capsaicin yang akan mempercepat metabolisme dan membantu tubuh membakar kalori dalam tubuh dengan lebih cepat. Hal ini dikarena capsaicin dapat meningkatkan temperatur tubuh dan berperan dalam meningkatnya detak jantung. Beberapa studi menunjukkan orang yang hobi makan pedas biasanya makan dalam porsi sedikit sehingga berat badan lebih terjaga.

2.Menyehatkan jantung

Mengkonsumsi cabai juga dapat menyehatkan jantung dengan cara mencegah pembekuan darah. Penelitian juga menunjukkan kadar kolesterol jahat/LDL bisa mencegah oksidasi yang bisa menyebabkan penyumbatan pembuluh darah di jantung. Kandungan Capsaicin pada cabai juga efektif melawan inflamasi, yang telah diidentifikasi sebagai faktor risiko penyakit jantung.

3.Melancarkan sirkulasi darah

Makanan pedas juga baik untuk dikonsumsi orang yang memiliki riwayat darah tinggi. Karena dengan mengkonsumsi makanan pedas akan melancarkan sirkulasi dan menurunkan tekanan darah. Dengan mengkonsumsi Cabai juga  dapat membantu menguatkan dinding pembuluh darah karena kandungan vitamin A dan C-nya.

4.Antikanker

Banyak penelitian menunjukkan konsumsi makanan pedas akan mengurangi risiko kanker. Kandungan Capsaicin memperlambat pertumbuhan sel kanker dan pada banyak kasus sel-sel kanker mati tanpa merusak sel sehat lainnya.

5.Meningkatkan fungsi pencernaan

Manfaat cabai atau mengkonsumsi makanan pedas untuk pencernaan adalah meningkatkan sirkulasi darah di perut dan meningkatkan lapisan mukus. Kandungan Capsaicin dalam cabai juga membantu membunuh bakteri H.pylori penyebab sakit maag.

Tetapi jika pada saat anda mengalami heartburn atau rasa panas setelah makan pedas, cobalah tablet antiacid yang akan menetralisir asam di lambung.

Cabai Aman Jika Bijak Dalam Mengonsumsinya

6.Flu

Kandungan  Capsaicin pada cabai membantu meningkatkan pengeluaran keringat dan menghilangkan gejala flu yang mengganggu. Makan makanan pedas juga akan membantu membuka jalan napas, mengurangi sinusitis, dan gejala flu lainnya.

7.Tidur nyenyak

Menurut peneliti yang berasal dari Australia menemukan orang yang rutin mengasup makanan pedas lebih mudah tidur. Mereka juga cenderung bangun lebih pagi dan lebih segar.

8.Menjaga mood

Dengan mengkonsumsi Cabai merah akan meningkatkan level endorfin dan serotonin yang dapat menghilangkan nyeri dan memberi perasaan nyaman. Hormon ini bisa membantu sebagai pelawan stres dan depresi. Sehingga biasanya sebagian besar wanita yang sedang mengalami masa pra menstruasi atau PMS sangat suka mengkonsumsi makanan pedas. Kalo kamu iya gak sis? Kalo mimin sih iya apalagi makan “BACILUS” Baso Aci Delicous ini selain praktis rasanya juga pas untuk membangun mood yang rusak, hehehe.

9.Makanan pedas menguatkan koneksi antar sel otak

Cabai merah mengandung senyawa apigenin, yang mampu menguatkan syaraf otak dan lebih utama adalah menjaga hubungan antar sel-sel otak sehingga bisa meningkatkan fungsi otak dalam mengingat, menyimpan informasi dan pengetahuan. Kandungan flavonoid ini juga sekaligus mencegah Alzheimer dan gangguan mental lainnya.

10.Makanan pedas memperpanjang umur

Banyak penelitian mengatakan bahwa makanan pedas bisa memperpanjang usia. Secara spesifik, orang yang makan pedas mampu menurunkan risiko kematian hingga 14% karena memiliki kekebalan tubuh yang lebih kuat. Hampir sama seperti yang dijelaskan diatas tadi karena dipengaruhi oleh senyawa capsaicin dalam cabai, yang bahkan bisa mencegah kanker.

Bahaya Dari Konsumsi Makanan Pedas Yang Berlebihan

Walaupun banyak manfaat yang diperoleh dari konsumsi makanan pedas tetapi ada juga beberapa bahaya mengkonsumsi makanan pedas. Berikut adalah beberapa bahaya dari konsumsi makanan pedas yang berlebihan.

1.Sakit Maag

Salah satu bahaya dari mengonsumsi makanan pedas adalah menyebabkaan sakit maag. Jumlah cabai yang berlebihan saat dikonsumsi  dapat menyebabkan lambung mengalami iritasi atau peradangan, yang umumnya disebut penyakit maag. Bukan hanya itu, kamu juga dapat mengalami diare dan sakit kepala karena terlalu banyak mengkonsumsi cabai.

2.Asam Lambung Naik

Seseorang yang kerap mengonsumsi makanan yang sangat pedas dalam jumlah banyak dapat menyebabkan dampak buruk pada lambung. Pasalnya, makanan pedas dapat memicu naiknya asam lambung yang menyebabkan tenggorokan menjadi panas. Selain itu, dinding lambung pun dapat mengalami iritasi dan kerusakan.

3.Mengiritasi Usus

Usus juga salah satu bagian dalam tubuh yang terbilang sensitif, sehingga jika seseorang mengonsumsi makanan pedas terlalu banyak maka hal tersebut akan mengancam kesehatan ususnya. Gangguan pada usus mungkin sulit kamu hindari, sehingga akan menimbulkan iritasi.

Tips Makan Pedas Yang Bijak

Tentu saja untuk mendapatkan manfaat dari cabai atau makanan pedas ini kamu harus mengkonsumsinya secara tepat dan bijaksana. Terutama untuk yang lambungnya sensitif. Lalu bagaimana tips mengkonsumsi makanan pedas yang tepat dan aman untuk kesehatan?

1.Jangan makan pedas saat perut kosong

Sebaiknya anda tidak mengonsumsi makanan pedas dalam keadaan perut kosong. Karenakanan kebiasaan tersebut akan membuat perut anda kaget jika tiba-tiba diisi dengan makanan pedas. Akibatnya, itu akan menyebabkan asam lambung naik dan membuat anda sakit perut.

2.Jangan konsumsi secara berlebihan

Hindari mengkonsumsi makanan pedas secara berlebihan karena tidak baik untuk kesehatan tubuh.

3.Hindari makan pedas sebelum tidur

Mengkonsumsi makanan pedas sebelum tidur dapat menyebabkan gangguan pencernaan yang bisa mengganggu tidur anda.

4.Minum susu

Pasalnya senyawa capsaicin berbahan dasar minyak dan tidak akan bisa dihilangkan jika hanya dengan minum air. Sebagai gantinya, cobalah minum susu untuk menghilangan sensasi pedas ketika mengkonsumsi cabai.

5.Gosok gigi setelah makan pedas

Ini membantu meringankan sensasi kepedasan jugs baik untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut.